Contoh Proposal Pengembangan Sistem Penggajian PT.Arya Duta Tahap 1

1.      LATAR BELAKANG

PT. Arya Duta merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang percetakan buku seperti lembar kerja siswa (LKS) tingkat SD, SMP, dan SMA. Suatu perusahaan sebaiknya dapat bekerja dengan cepat dan benar dengan ketelitian yang tinggi agar terus berjalan dan bertahan dalam persaingan yang kompetitif. Dimana perusahaan memiliki data penggajian yang merupakan proses penting dalam sebuah perusahaan. Mulai dari pendataan pegawai sampai pada perhitungan gaji pegawai oleh bagian keuangan. Dengan menggunakan sistem manual terdapat banyak kesalahan yang terjadi, antara lain : membutuhkan banyak waktu dan tenaga bila mencari dokumen yang dibutuhkan, adanya data terselip, dan kurang terjaminnya keamanan data. Sehingga membutuhkan media penyimpanan yang cukup besar untuk dokumen tersebut.

Masalah ini juga dialami oleh perusahaan PT. Arya Duta karena masih menggunakan sistem manual dalam pencatatan data penggajian. Sering terjadi berkas-berkas data pegawai penggajian terselip atau hilang serta membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengulang pencatatan data penggajian. Salah satu alternatif yang dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menerapkan sistem komputerisasi dalam suatu perusahaan untuk mengolah data gaji pegawai.

2.   RUANG LINGKUP

Sistem yang akan dibuat dalam proposal ini adalah sistem informasi penggajian pada PT. Arya Duta, dimulai dari pendataan pegawai, proses absensi, proses lembur, proses hitung gaji serta pembuatan laporan untuk pimpinan perusahaan.

3.  TUJUAN

Tujuan proposal ini adalah untuk membuat sistem informasi penggajian pegawai yang dapat memudahkan kegiatan proses penggajian pegawai yang diharapkan dapat membantu PT. Arya Duta dalam proses perhitungan gaji dan pembuatan laporan. Proyek perangkat lunak “Sistem Penggajian” ini dimaksudkan :

  1. Menghasilkan perangkat lunak untuk aplikasi sistem penggajian yang memiliki fitur-fitur standar seperti  data pegawai, data absensi, data lembur, dan perhitungan gaji.
  2. Memudahkan pekerjaan bagian keuangan karena bisa mendapatkan informasi data penggajian secara cepat dan akurat.
  3. Memudahkan pekerjaan update data karena ada penambahan data baru dan pengurangan data akibat rusak maupun hilang.

4.   GAMBARAN UMUM

Berikut ini adalah gambaran umum dari Sistem Penggajian PT. Arya Duta yang akan dibuat.

 aa

Gambar DFD Sistem Penggajian PT. Arya Duta

5.   RENCANA KEGIATAN

Berikut ini adalah daftar rencana kegiatan pembuatan Sistem Informasi Penggajian.

cc

6.   JADWAL KEGIATAN

Untuk merealisasikan kegiatan dalam pembuatan perangkat lunak “sistem penggajian” kurang lebih memerlukan waktu 3 bulan dengan pengaturan waktu berikut ini :

bb

dd

Catatan :

  • Pada setiap awal kegiatan, jadwal yang lebih rinci akan didiskusikan diantara para anggota tim.
  • Pada setiap akhir kegiatan, laporan kemajuan akan disiapkan oleh pimpinan tim untuk memberikan gambaran tentang status kegiatan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

7   RINCIAN BIAYA

Perincian biaya yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

7.1 Biaya Persiapan

eeff

7.2 Biaya Pengerjaan

gg

hh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: